Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sampaikan Laporan Anda
Perhatikan Cara Menyampaikan Pengaduan Yang Baik dan Benar info-complaint
Berita

Diskominfo Kalsel Akan Lebih Memasifkan Sosialisasi LAPOR! Paman Di 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatik...

selengkapnya..

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel berkomitmen terus menggalakan sosialisasi aplikasi pengaduan masyarakat terhadap kinerja pemerintah (LAPOR! Paman) di 2023 untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Banua.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, pada 2022 lalu telah melakukan berbagai pendekatan terhadap masyarakat untuk mensosialisasikan aplikasi LAPOR! Paman, salah satunya melalui kegiatan susur sungai untuk mengedukasi penduduk pinggiran Sungai Martapura tentang penggunaan aplikasi, dengan menggandeng aktivis masyarakat Banua.

“Di 2023 ini sosialisasi akan kita laksanakan lebih masif lagi, dengan melakukan sistem jemput bola seperti pada kelompok-kelompok difabel (berkebutuhan khusus), dan kelompok lainnya,” kata Muslim, Banjarbaru, Kamis (5/1/2023).

Dengan semakin masifnya kegiatan sosialisasi nanti, Muslim berharap peranan masyarakat di Banua semakin meningkat untuk memberikan aspirasi, opini, dan saran-saran terbaiknya untuk pelayanan publik dan pembangunan yang lebih baik.

“Adanya masukan dan saran dari masyarakat terhadap pembangunan-pembangunan Pemprov Kalsel, maka masyarakat turut berperan penting dan terlibat dalam meningkatkan kinerja Pemprov Kalsel,” tutup Muslim. MC Kalsel/Jml

LAPOR! Paman Wujudkan Pelayanan Publik Yang Lebih Baik Di Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunika...

selengkapnya..

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel melaksanakan sosialisasi aplikasi LAPOR! Paman kepada masyarakat pinggiran sungai Martapura.

Dibalut dengan tema “LAPOR! Susur Sungai”, langkah ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya guna mewujudkan pelayanan publik di Kalsel yang lebih baik.

Sosialisasi juga dilakukan di dua kawasan wisata Kalsel, yakni pasar terapung Lok Baintan dan wisata alam Pulau Kembang yang menyasar penjual, pengunjung atau wisatawan di kawasan wisata tersebut.

“Ini merupakan sebuah kebijakan dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menginginkan seluruh lapisan masyarakat turut membangun Banua,” kata Muslim, Minggu (11/12/2022).

Muslim menjelaskan, aplikasi LAPOR! Paman  sendiri bisa digunakan oleh masyarakat yang ingin memberikan saran, masukan, dan kritik kepada Pemprov Kalsel.

Dimana sejak 2019 hingga 2022 saat ini laporan yang masuk melalui aplkasi sudah lebih dari seribu.

“Aplikasi LAPOR! Paman sendiri sejatinya sudah dijalankan sejak 2017 lalu, dan sampai saat ini sudah ada ribuan laporan yang masuk. Berkat keaktifan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya melalui aplikasi LAPOR! Paman, Pemprov Kalsel juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB,” tutur Muslim.

Lebih jauh Muslim menjelaskan, adapun laporan masuk yang paling banyak selama ini adalah terkait infrastruktur seperti jalan, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan.

“Laporan yang lain juga banyak masuk, tapi tidak sebanyak soal infrastruktur ini,” singkat Muslim.

Muslim menegaskan, setiap laporan yang masuk semuanya pasti direspon oleh petugas penghubung, agar bisa segera ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

“Setelah direspon, lalu dicarikan solusinya. Apa yang menjadi alternatif keluhan, saran dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui Aplikasi LAPOR! Paman ini,” ujar Muslim.

Selain diikuti sejumlah jajaran Diskominfo Kalsel dan pejabat penghubung dari SKPD Pemprov Kalsel, kegiatan LAPOR Susur Sungai ini juga turut diikuti oleh sejumlah perwakilan dari Kementerian PAN-RB. MC Kalsel/Jml

LAPOR! Paman, Ikuti Evaluasi Lanjutan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Kemenpan-RB

Setelah sebelumnya berhasil masuk dalam enam besar kategori Outstanding Achievement...

selengkapnya..

Setelah sebelumnya berhasil masuk dalam enam besar kategori Outstanding Achievement, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan branding “LAPOR! Paman” mengikuti Evaluasi Lanjutan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Evaluasi ini meliputi tahapan wawancara dan presentasi dihadapan dewan juri secara virtual, dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, dengan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, M Muslim, dan kepala instansi terkait lainnya.

Sahbirin mengatakan, dalam perjalanan pengelolaannya hingga sekarang, SP4N-LAPOR! telah dicantumkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Kalsel tahun 2021-2026, sebagai pendukung bagi Visi Kalsel Maju.

Sebagai bentuk output dari hasil pengelolaan pengaduan yang telah dilaksanakan melalui branding LAPOR! Paman, Pemprov Kalsel telah mengambil beberapa kebijakan dari hasil aduan yang masuk melewati LAPOR! Paman, diantaranya aduan terkait jembatan Sungai Lulut yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kota Martapura, yang mana jembatan tersebut telah selesai diperbaiki dan diresmikan.

“Selain itu ada juga aduan terkait permohonan bantuan kuota data internet untuk pendidikan, Pemprov Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi telah memberikan 750 ribu internet gratis kepada pelajar SMA dan SMK untuk keperluan belajar melalui virtual selama masa pandemi COVID-19 dan sudah diserahkan kepada siswa, dan masih banyak lagi berbagai jenis aduan lainnya,” kata Sahbirin, Banjarbaru, Senin (23/5/2022).

Bahkan keberadaan LAPOR! Paman, lanjut Sahbirin, bisa meminimalisir terjadinya korupsi di lingkungan Pemprov Kalsel karena pengelolaannya yang transparan. Selain itu Pemprov Kalsel juga bersinergi dengan Ombudsman RI dan Ombudsman Perwakilan Kalsel dalam mengatasi berbagai aduan yang masuk ke LAPOR! Paman, termasuk laporan terkait korupsi.

“Tidak berhenti LAPOR! Paman secara berkelanjutan melakukan sinergi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Ombudsman RI, maupun Ombudsman Perwakilan Kalsel. Kami juga melaksanakan Penandatangan Komitmen pengelolaan LAPOR! Paman bagi seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), serta penandatangan pengesahan rencana aksi yang juga melibatkan akademisi, yaitu Pusat Studi Kebijakan Publik Universitas Lambung Mangkurat. Hal ini terus kami jaga guna mendukung keberlanjutan pengelola LAPOR! Paman yang menjadi satu-satunya platform pengaduan di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Sahbirin. MC Kalsel/Jml

Kisah Sukses

PENILAIAN

4.33
: 2 Laporan
: 0 Laporan
: 1 Laporan
: 0 Laporan
: 0 Laporan

DIIKUTI OLEH